Wordpress

Rabu, 24 November 2010

Anda Jenuh saat belajar?

Kejenuhan bisa diatasi kok, ini tips nya...
1. Melakukan istirahat dan menkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan takaran cukup
2. Pengetahuan atau penjadwalan kembali jam-jam dari hari belajar yang dianggap lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat
3. Mengubah atau penataan kembali lingkungan belajar siswa yang meliputi pengubahan posisi meja tulis, lemari, rak buku, alat-alat perlengkapan belajar dan sebagainya sampai memungkinkan siswa merasa berada disebuah kamar baru yang lebih menyenangkan untuk belajar.
4. Memberikan motivasi dan stimulasi baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar lebih giat dari pada sebelumnya.
5. Siswa harus berbuat nyata (tak menyerah / tinggal diam) dengan cara mencoba belajar dan belajar lagi.
6. Mencari manfaat dari belajar
Belajar yang dilakukan pasti ada manfaatnya. Dengan belajar, maka bisa memperoleh ilmu pengetahuan, bisa menambah teman mempererat tali silaturrahmi, menambah wawasan dan pengalaman hidup. Singkatnya, manfaat belajar yaitu untuk persiapan masa depan yang lebih cerah semakin tahu manfaat belajar, akan semakin bersemangat untuk belajar dan menghilangkan kejenuhan.
7. Melakukan belajar dengan perasaan senang dan kreatif
Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan senang akan menimbulkan senang. Begitu juga dengan kegiatan belajar, apabila merasa senang, maka akan memiliki gairah dan semangat untuk belajar. Lama kelamaan perasaan jenuhakan terkikis dan hilang. Disamping itu, selama melakukan kegiatan belajar, kita atau siswa juga harus kreatif. Belajar dengan kreatif akan menimbulkan keasyikan dan kepuasan pribadi sehingga jauh dari perasaan jenuh atau bosan.
8. Pandang guru atau dosen dari segi positifnya
Guru sebagai manusia biasa tak lepas dari kekurangan dan kelebihan. Menghadapi guru yang sedang mengajar di kelas. Siswa seyogyanyamenyikapi guru dengan sikap terbaik. Cari sisi positif / kebaikan guru sehingga siswa merasa tertarik dan senang terhadap guru. Apabila sudah menyenangi gurunya, maka cenderung akan menyenangi pelajarannya.
9. Anggaplah belajar itu sebagai kebutuhan mendesak
Belajar jangan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Artinya, belajar selain sebagai kewajiban, juga harus menjadi kebutuhan yang harus segera di penuhi. Kalau belajar itu sebagai suatu kebutuhan, maka kita / siswa akan berusaha untuk belajar dengan giat.
10. Melakukan diskusi kelompok
Untuk menambah gairah belajar, siswa / kita bisa mengajak teman-teman untuk melakukan kegiatan belajar bersama. Melalui diskusi kelompok, maka kita bisa tukar pendapat, pengalaman dan informasi diantara teman. Dalam kondisi kebersamaan biasanya akan terhindar dari kejenuhan.
• Catatan-catatan
Untuk mengatasi / mencari solusi untuk mengusir kejenuhan dalam belajar, siswa / kita tentunya “instropeksi diri”, memahami latar belakang terjadinya kejenuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar